Digital Clock with Islamic Ornament

Friday, October 2, 2015

SKINTAG






Skin tag adalah pertumbuhan kulit jinak yang bentuknya seperti tonjolan atau menggantung seperti ada tangkai. Tak berbahaya dan bukan termasuk kanker. Bentuknya bervariasi seperti berkerut, halus, berwarna coklat, dan biasanya berukuran kecil. Skin tag bisa tumbuh dimana saja, yang paling sering di daerah leher, dada, ketiak, sekitar mata dan kadang bisa tumbuh dibawah payudara. Skin tag ini tumbuh di daerah yang biasa terkena gesekan atau pakaian.
            Skin tag dapat diderita siapa saja. Biasanya terjadi pada usia dewasa terutama usia pertengahan dan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usia sampai dengan umur 60 tahun. Pada anak anak bisa terjadi di daerah leher dan ketiak. Masalah yang sering ditimbulkan skin tag ini adalah masalah estetik dimana mengurangi penampilan seseorang. Terkadang orang suka menghilangkannya dengan cara yang tidak steril seperti memotongnya dengan pisau atau mengguntingnya dengan berdarah dan menyebabkan iritasi.
            Ada beberapa cara medis untuk menghilangkan skin tag yaitu menggunakan alat elektrokauterisasi dengan cara membakarnya dan menggunakan nirogen cair dengan cara membekukannya. Sebelum pengerjaan, pasien dianastesi dengan anastesi lokal. Bisa menggunakan injeksi ataupun krim. 
Add caption

Perlu diketahui, treatment dengan menggunakan  kauter atau nitrogen cair bisa menyebabkan kulit menghitam dan perlu waktu 2-3 minggu untuk kembali normal. Skin tag ini dapat tumbuh kembali sehingga memerlukan perawatan ulang.  
House of Dura pekanbaru menyediakan treatment kauter untuk masalah skin tag, untuk info lebih lanjut anda dapat menghubungi klinik kami.


Dr. Febdah Noveliza